Online Reputation Management Service Indonesia

Tidak ada pemilik bisnis baik personal maupun perusahaan yang suka kalau bisnis mereka mendapat ulasan buruk. Di sinilah pentingnya jasa Online Reputation Management Service. Mereka para penulis ulasan buruk, bisa menulis apa saja dan dimana saja, di halaman situs, di sosial media atau dimanapun mereka mau. Ketika tulisan ulasan buruk itu muncul, Anda bisa memilih “mengabaikan” atau “melakukan sesuatu”. Jika Anda memilih mengabaikannya, coba pertimbangkan dulu tentang hal ini. Jika muncul ulasan buruk di Google, Google adalah alat pertama yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari informasi tentang apapun, termasuk mengenai bisnis Anda. Bagaimana jika mereka menemukan ulasan buruk tentang Anda?

  1. Sebagian dari mereka para pembaca ulasan tersebut mungkin akan bertanya kepada Anda tentang kebenarannya. Sebagian lagi tidak, tapi tetap mengingatnya.
  2. Sebagian dari mereka para pembaca mungkin juga percaya dengan isi ulasan buruk, walaupun mungkin sebagian lagi tidak.

Tapi hal ini berulang terus menerus dan setiap hari akan selalu ada orang yang membaca ulasan itu dan jumlahnya terakumulasi. Pelan pelan itu mengotori pikiran ribuan orang dan tertanam di dalam pikiran mereka. Anda pasti tahu dampaknya terhadap bisnis Anda untuk jangka panjang. Hal terburuk adalah ketika sebagian dari pembaca ulasan tersebut kemudian menuliskannya kembali dimanapun. Perlahan itu seperti bola salju yang akan terus membesar sampai suatu ketika Anda tak mungkin lagi diam seperti sebelumnya.

Kami bisa mengatakan hal ini karena kami sudah pernah menangani hal ini sebelumnya, kami pernah menangani beberapa brand nasional diantaranya merk minuman energi dan properti. Langkah yang kami lakukan adalah kami akan menganalisa dahulu dimana ulasan buruk itu muncul. Karena bad review bisa muncul dimana saja , melalui media apa saja. Jika Anda mengalai hal ini, segera hubungi kami, jangan tunggu menjadi bola salju yang kian besar.

Apa Itu Online Reputation Management?

Online reputation management disingkat ORM adalah praktik menyusun strategi yang membentuk atau mempengaruhi persepsi publik tentang suatu organisasi, individu, atau entitas lain di internet. Ini merupakan cara memperbaiki reputasi buruk dengan mengarahkan opini publik tentang bisnis dan produk serta layanannya. Dengan menggunakan ORM, perusahaan dapat mencoba mengurangi dampak negatif, membuat strategi pemasaran proaktif untuk konsumsi online dengan meningkatkan visibilitas online. Online reputation management service memiliki banyak saluran yang bisa digunakan untuk mendistribusikan informasi berisi ulasan baik, bisa melalui halaman situs, video, sosial media dan sebagainya.

Online Reputation Service Solusi Cara Memperbaiki Reputasi Perusahaan

Siapa yang bisa terkena dampak negatif ulasan buruk? Siapa saja bisa, mulai dari artis, tokoh politik, perusahaan, institusi dan sebagainya. Selama itu tidak memberikan dampak negatif terhadap bisnis dan urusan Anda, Anda tidak akan merasa itu jadi masalah. Bahkan seringkali ulasan negatif dianggap cerita fiktif sehingga malah menarik perhatian publik untuk mencari tau siapa tokoh yang dibicarakan. Tentu saja malah mendongkrak popularitas. Namun jika ulasan negatif itu menganggu bisnis Anda terutama untuk jangka panjang, tentu saja Anda tidak boleh tinggal diam dan berharap itu akan reda dengan sendirinya. Maka ORM (Online reputation Management) adalah solusi cara memperbaiki reputasi perusahaan secara online.

Ada banyak cara memperbaiki reputasi buruk secara online. Hal ini tentunya membutuhkan analisa mengenai apa, siapa dan dimana muncul ulasan buruk (bad review). Penangan masing masing saluran tentu saja berbeda. Misal, ulasan buruk muncul di Google tentu penanganan yang dilakukan juga dengan memanfaatkan saluran di Google. Jika ulasan buruk muncul di Youtube tentu saja penanganan juga akan dilakukan di saluran Youtube. Tingkat ‘kerusakan’ akan mempengaruhi cara memperbaiki reputasi buruk terhadap ulasan negatif yang muncul.

Ada banyak cara penanganan terhadap bad review, tergantung seberapa besar kerusakan yang timbul. Salah satu klien kami mengalami ‘kerusakan’ nama baik pada level 3. Sehingga kami melakukan tindakan yang lebih besar untuk mengalihkan isu negatif. Dengan demikian halaman situs yang berisi ulasan baik akan lebih besar daripada halaman situs yang berisi ulasan buruk. Kemudian halaman situs berisi ulasan baik akan kami gunakan untuk menekan halaman situs berisi ulasan buruk. Seperti ini ilustrasi langkah pertama cara kami cara memperbaiki reputasi perusahaan terhadap halaman situs yang berisi muatan negatif.

Ini adalah bukti dari strategi yang pernah kami lakukan terhadap salah satu brand nasional. Halaman berisi ulasan netral dan ulasan positif vs 10 halaman berisi ulasan negatif. Kami membuat ulasan baik menjadi lebih besar sehingga ulasan buruk akan ‘tenggelam’. Jadi, publik akan lebih percaya siapa? Tentunya terhadap suara terbanyak. Hasilnya adalah 153.000 halaman berisi ulasan baik vs 10 halaman berisi 10 ulasan buruk. Ulasan buruk bisa muncul oleh berbagai pemicu. Bahkan bencana alam seperti banjir pun bisa dijadikan topik untuk ‘menjatuhkan’ nama baik suatu perusahaan, organisasi, individu, atau entitas. Kami sudah pernah menanganinya dan berhasil dengan baik. Jika Anda mengalami hal itu, segera hubungi kami. Jangan tunggu menjadi bola salju yang kian membesar.

Bagaimana Cara Menjaga Reputasi Perusahaan

Di beberapa perusahaan sudah menyadari pentingnya menjaga reputasi perusahaan. Misalnya perusahaan Anda memasang iklan di televisi yang muncul pada prime time. Lalu ketika masyarakat mengetik nama produk Anda di Google, mereka menemukan ulasan buruk. Apa yang akan terjadi? Anda seperti membangun istana pasir di tepi pantai. Setiap kali Anda membangun gundukan pasir, istana pasir Anda diterjang ombak. Anda pikir tidak masalah karena bangunan Anda masih berdiri kokoh. Tapi tanpa pondasi yang kuat, perlahan bagian atas juga akan rubuh. Ini pentingnya mengetahui bagaimana cara menjaga reputasi perusahaan.

Tips bagaimana cara menjaga reputasi perusahaan adalah dengan membuat tim responsif terhadap semua permasalahan terkait produk maupun citra bisnis. Sebuah tim yang mampu menemukan dimana keluhan muncul kemudian membuat tanggapan tanggapan dan memberikan solusinya. Semua harus dilakukan dengan cepat. Perusahaan juga harus memiliki pusat layanan yang mudah dihubungi bila perlu dalam 24 jam.

Bagaimana cara meningkatkan reputasi perusahaan?

Jika ulasan buruk sudah ditangan, tindakan selanjutnya adalah bagaimana cara mengembalikan reputasi perusahaan? Hal ini tidak mudah, apalagi jika suatu bisnis diterjang bad review laksana badai. Butuh kerja keras untuk mengembalikan citra perusahaan yang baik seperti sebelumnya atau bahkan harus lebih baik. Beberapa tips dari kami cara meningkatkan reputasi perusahaan adalah buatlah saluran layanan informasi online yang mudah diakses oleh orang banyak. Saluran layanan informasi harus memberikan data data logis tentang kenapa masyarakat harus tetap memilih produk/bisnis perusahaan Anda. Karena masyarakat saat ini semakin mudah mengakses informasi apapaun dengan kemudahan mengakses informasi melalui internet. Pelahan secara rutin, lakukan update berkala informasi produk/bisnis perusahaan Anda. Dengan demikian solusi cara meningkatkan reputasi perusahaan akan tercapai pada waktu yang direncanakan.

Jika Anda butuh konsultasi mengenai masalah seputar reputasi perusahaan Anda secara online, hubungi kami. Kami siap membantu Anda dengan senang hati.